Studi: Ngupil Tingkatkan Risiko Penyakit Alzheimer

Wecome Konveksitas Murah di Situs Kami!

JAKARTA – Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengupil dapat meningkatkan risiko penyakit Alzheimer. Penemuan ini disebabkan oleh ditemukannya protein yang disebut beta-amiloid, yang diketahui merupakan faktor penting dalam perkembangan penyakit Alzheimer. Studi: Ngupil Tingkatkan Risiko Penyakit Alzheimer

Dalam laporan yang dimuat Times of India, Sabtu (10/2/2024), peneliti meyakini patogen yang masuk melalui mengupil bisa memicu produksi beta-amiloid di otak. Hal ini berkontribusi terhadap peradangan saraf yang terkait dengan Alzheimer. Sudut Rumah Komeng Ini Jadi Tempat Terapi Anak Cerebral Palsy, Wasiat Putrinya

Penelitian tersebut menyoroti peran sistem penciuman sebagai pintu gerbang potensial bagi patogen untuk memasuki otak. Patogen, termasuk virus, jamur, dan bakteri, dapat menyebabkan infeksi terus-menerus pada jaringan hidung dan akhirnya mencapai otak dan memicu proses neurodegeneratif.

Hubungan langsung ini menggarisbawahi pentingnya menjaga kebersihan hidung untuk mengurangi risiko Alzheimer. Pencegahan penyakit Alzheimer sering kali berfokus pada faktor gaya hidup, dan mengupil di antara faktor-faktor tersebut kini dapat dipertimbangkan.

Meskipun kebiasaan ini mungkin memberikan bantuan sementara, penting untuk memprioritaskan kebersihan hidung yang baik. Sarannya antara lain cara sederhana seperti membilas hidung dengan air garam atau membuang ingus untuk menjaga kebersihan dan mengurangi risiko patogen masuk ke otak.

Diperlukan lebih banyak penelitian untuk memperkuat hubungan antara mengupil dan risiko Alzheimer pada manusia.

Penelitian pada tikus menunjukkan hasil yang menjanjikan. Hal ini menunjukkan bahwa bakteri yang masuk ke otak melalui saraf penciuman dapat menyebabkan endapan beta-amiloid. Penelitian pada manusia sedang dilakukan untuk mengeksplorasi temuan ini dan menentukan kemungkinan tindakan pencegahan terhadap penyakit Alzheimer.

Kaitan antara mengupil dan risiko Alzheimer menggarisbawahi kompleksitas demensia dan pentingnya mengeksplorasi berbagai faktor yang berkontribusi terhadapnya. Studi: Ngupil Tingkatkan Risiko Penyakit Alzheimer

Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian untuk memahami sepenuhnya hubungan ini, temuan ini menggarisbawahi pentingnya menjaga kebersihan hidung untuk kesehatan otak. Mengatasi kebiasaan kecil seperti mengupil dapat berperan dalam strategi pencegahan penyakit ini.